KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA
Penanggungjawab : Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
Dra. Prilimercy E. Kojongian, M.Pd
Kurikulum berlaku : Tahun 2020
Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman:
Identitas Program Studi
1 | Nama /kode | Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
( Sesuai Permendikbud No 154 Tahun 2014) | ||||||
2 | Izin Operasional/ Perpanjangan | 7985/UN.41/HK/2014 | ||||||
3 | Akreditasi | B, 2968/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 | ||||||
4 | Gelar | Sarjana Pendidikan (SPd), Sesuai Permendikbud No 154 Tahun 2014. | ||||||
5 | Deskripsi | Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan akademik strata sarjana (S1). Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, prefosional, dan sosial sesuai dengan standar KKNI. | ||||||
6 | Visi | Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang pengetahuan dan keterampilan berbahasa Jerman, lisan dan tulisan; kemampuan dalam bidang linguistik bahasa Jerman; kemampuan dalam bidang sastra Jerman; serta kemampuan bahasa Jerman untuk tujuan khusus (pariwisata, perhotelan) | ||||||
7 | Misi | a. Mendidik dan membekali mahasiswa dengan kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. b. Menyelengggarakan pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kerangka kwalifikasi nasional. c. Menyelenggarakan penelitian-penelitian yang dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas proses belajar mengajar serta peningkatan wawasan IPTEKS para dosen. d. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka peningkatan peran serta UNIMA melalui program studi guna menjawab berbagai permasalahan di tengah-tengah masyarakat. e. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendukung terhasilkannya lulusan dengan kompetensi yang telah ditetapkan. | ||||||
8 | Tujuan | a. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam kompetensi profesional, pedagigik, kepribadian dan sosial. b. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan tuntutan kerangka kwalifikasi nasional. c. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi penyelenggaraan proses belajar mengajar bagi pembaruan wawasan IPTEKS. d. Meningkatkan kwalitas dan kwantitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peran serta UNIMA melalui program studi untuk menjawab berbagai permasalahan dalam masyarakat. e. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang sesuai dengan standard kualifikasi nasional yang mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi dan mendukung terhasilkannya lulusan dengan kompetensi. |
Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
Profil | Deskripsi |
1. Pendidik bahasa Jerman yang memiliki kualifikasi setara minimal B1 sesuai Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen (GER)
| Guru dan atau pendidik pada jenjang sekolah menengah atas yang memiliki kualifikasi kemampun penguasaan bahasa Jerman setara minimal B1 sesuai Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen (GER) , mampu mengembangkan pembelajaran kreatif dan inovatif, menguasai materi dan bidang keilmuan Bahasa Jerman, menguasai dan mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, memiliki kepribadian dan integritas yang dapat menjadi teladan dalam pembentukan karakter di kelas ataupun di luar kelas. |
Peneliti pemula bidang pendidikan bahasa Jerman | Peneliti dalam rangka pemecahan masalah baik masalah pembelajaran bahasa Jerman di sekolah maupun dalam rangka pengembangan pembelajaran bahasa Jerman. |
Penerjemah, Pemandu Wisata, dan Pegiat Perkantoran |
|
Struktur Kulrikulum:
No. | KELOMPOK MATA KULIAH | JUMLAH SKS |
1. | Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) | 8 |
2. | Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) | 15 |
3. | Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) | 65 |
4. | Mata Kuliah Merdeka Belajar (MKMB) | 60 |
T O T A L | 148 |
Rencana Kuota Mahasiswa : 30 Mahasiswa
Kerjasama/Kemitraan: - Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman-Indonesia
(APSPBJ-I)
- Goethe Institut Jakarta
Daftar Mata Kuliah/Sebaran Mata Kuliah
- Daftar Mata Kuliah
N0 | MATA KULIAH / KELOMPOK MK | KODE MK | SKS | SEMESTER | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||||
I. Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) | |||||||||||
1 | Pendidikan Agama | 4412101MB | 2 | √ |
|
|
|
|
|
| |
2 | Pancasila | 4412102MB | 2 | √ | |||||||
3 | Pendidikan Kewarganegaraan | 4412203MB | 2 | √ | |||||||
4 | Bahasa Indonesia | 4412204MB | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
J U M L A H | 8 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
II. MATA KULIAH LANDASAN KEAHLIAN (MKLK) | |||||||||||
5 | Pengantar Pendidikan | 4423105MB | 3 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
6 | Pengembangan Kurikulum | 4422406MB | 2 |
|
| √ |
|
|
|
| |
7 | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 4422207MB | 2 |
| √ |
|
|
|
| ||
8 | Filsafat Bahasa dan Seni | 4422408MB | 2 |
| √ |
|
|
|
| ||
9 | Foreign Language | 4422109MB | 2 | √ | |||||||
10 | Literasi Bahasa Indonesia | 4422310MB | 2 | √ | |||||||
11 | Pembelajaran Digital | 4422311MB | 2 | √ | |||||||
J U M L A H | 15 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
III. MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) | |||||||||||
12 | Hörverstehen 1 | 4432112MB | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
13 | Hörverstehen 2 | 4432213MB | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
14 | Hörverstehen 3 | 4432314MB | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
15 | Sprechfertigkeit 1 | 4432115MB | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
16 | Sprechfertigkeit 2 | 4432216MB | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
17 | Sprechfertigkeit 3 | 4432317MB | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
18 | Leseverstehen 1 | 4432118MB | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
19 | Leseverstehen 2 | 4432219MB | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
20 | Leseverstehen 3 | 4432320MB | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
21 | Schreibfertigkeit 1 | 4432121MB | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
22 | Schreibfertigkeit 2 | 4432222MB | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
23 | Schreibfertigkeit 3 | 4432323MB | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
24 | Strukturen und Wortachatz 1 | 4432124MB | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
25 | Strukturen und Wortschatz 2 | 4432225MB | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
26 | Strukturen und Wortschatz 3 | 4432326MB | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
27 | B1 Vorbereitung Hören | 4432427MB | 2 |
|
|
| √ |
|
| ||
28 | B1 Vorbereitung Sprechen | 4432428MB | 2 |
|
|
| √ |
|
| ||
29 | B1 Vorbereitung Lesen | 4432429MB | 2 |
|
|
| √ |
|
| ||
30 | B1 Vorbereitung Schreiben | 4432430MB | 2 |
|
|
| √ |
|
| ||
31 | Sprachbaustein | 4432431MB | 2 |
|
|
| √ |
|
| ||
32 | Allgemeine Linguistik | 4432132MB | 2 | √ |
| ||||||
33 | Phonetik und Fonologi | 4432233MB | 3 |
| √ |
| |||||
34 | Morfologi | 4432334MB | 2 |
|
| √ | |||||
35 | Syntax | 4432435MB | 2 |
|
|
| √ | ||||
36 | Allgemeine Literatur | 4432236MB | 2 | √ | |||||||
37 | Deutsche Literarische Geschichte | 4432337MB | 2 |
| √ | ||||||
38 | Deutsche literarische Werke | 4432438MB | 2 |
|
|
| √ | ||||
39 | Landeskunde | 4432339MB | 2 |
| √ | ||||||
40 | Deutsche Geschichte | 4432440MB | 2 | √ | |||||||
41 | Penulisan Skripsi | 4436841MB | 6 | √ | |||||||
J U M L A H | 65 |
|
|
| |||||||
IV. MATA KULIAH MERDEKA BELAJAR | |||||||||||
42 | Deutsch für Tourismus | 4444542MB | 4 |
| √ |
| |||||
43 | Kontrastivekulturkunde | 4443543MB | 3 | √ | |||||||
44 | Grunddeutsch | 4443544MB | 3 |
| √ |
| |||||
45 | Einführung zum Übersetzen | 4442545MB | 2 |
| √ |
| |||||
46 | Fortgeschrittene Deutsch | 4442546MB | 2 |
| √ |
| |||||
47 | Strategi Belajar Mengajar | 4442547MB | 2 |
| √ |
| |||||
48 | Seminar Pengajaran Bahasa | 4442548MB | 2 |
| √ |
| |||||
49 | Magang/Assiten Mengajar / Mahasiswa Membangun Desa | 44420649MB | 20 | √ | |||||||
- Perencanaan Pengajaran Bahasa* | 444650MB | √ | |||||||||
- Deutsch für spezielle Verwendung* | 444651MB | √ | |||||||||
- Praxisdeutsch* | 444652MB | √ | |||||||||
50 | Assiten Peneliti | 44420753MB | 20 | √ | |||||||
- Metodologi Penelitian Pendidikan** | 444754MB | √ | |||||||||
- Metodologi Penelitian Linguistik** | 444755MB | √ | |||||||||
- Metodologi Penelitian Sastra** | 444756MB | √ | |||||||||
J U M L A H | 60 |
|
|
|
|
|
|
| |||
T O T A L S K S | 148 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Kode * dan ** Mata Kuliah pelengkap yang diajarkan secara daring.
- Sebaran Mata Kuliah
Semester I
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Pendidikan Agama | 4412101MB | 2 |
2. | Pancasila | 4412102MB | 2 |
3. | Pengantar Pendidikan | 4423105MB | 3 |
4. | Foreign Language | 4422109MB | 2 |
5. | Hörverstehen 1 | 4432112MB | 2 |
6. | Sprechfertigkeit 1 | 4432115MB | 2 |
7. | Leseverstehen 1 | 4432118MB | 2 |
8. | Schreibfertigkeit 1 | 4432121MB | 2 |
9. | Strukturen und Wortachatz 1 | 4432124MB | 2 |
10. | Allgemeine Linguistik | 4432132MB | 2 |
J U M L A H | 21 |
Semester II
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 4412203MB | 2 |
2. | Bahasa Indonesia | 4412204MB | 2 |
3. | Filsafat Bahasa dan Seni | 4422408MB | 3 |
4. | Hörverstehen 2 | 4432213MB | 2 |
5. | Sprechfertigkeit 2 | 4432216MB | 2 |
6. | Leseverstehen 2 | 4432219MB | 2 |
7. | Schreibfertigkeit 2 | 4432222MB | 2 |
8. | Strukturen und Wortschatz 2 | 4432225MB | 2 |
9. | Phonetik und Fonologi | 4432233MB | 3 |
10. | Allgemeine Literatur | 4432236MB | 2 |
J U M L A H | 21 |
Semester III
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Literasi Bahasa Indonesia | 4422310MB | 2 |
2. | Pembelajaran Digital | 4422311MB | 2 |
3. | Hörverstehen 3 | 4432314MB | 2 |
4. | Sprechfertigkeit 3 | 4432317MB | 2 |
5. | Leseverstehen 3 | 4432320MB | 2 |
6. | Schreibfertigkeit 3 | 4432323MB | 2 |
7. | Strukturen und Wortschatz 3 | 4432326MB | 2 |
8. | Morfologi | 4432334MB | 2 |
9. | Deutsche Literarische Geschichte | 4432337MB | 2 |
10. | Landeskunde | 4432339MB | 2 |
J U M L A H | 20 |
Semester IV
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Pengembangan Kurikulum | 4422406MB | 2 |
2. | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 4422207MB | 2 |
3. | B1 Vorbereitung Hören | 4432427MB | 2 |
4. | B1 Vorbereitung Sprechen | 4432428MB | 2 |
5. | B1 Vorbereitung Lesen | 4432429MB | 2 |
6. | B1 Vorbereitung Schreiben | 4432430MB | 2 |
7. | Sprachbaustein | 4432431MB | 2 |
8. | Syntax | 4432435MB | 2 |
9. | Deutsche literarische Werke | 4432438MB | 2 |
10. | Deutsche Geschichte | 4432440MB | 2 |
J U M L A H | 20 |
Semester V
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Deutsch für Tourismus | 4444542MB | 4 |
2. | Kontrastivekulturkunde | 4443543MB | 3 |
3. | Grunddeutsch | 4443544MB | 3 |
4. | Einführung zum Übersetzen | 4442545MB | 2 |
5. | Fortgeschrittene Deutsch | 4442546MB | 2 |
6. | Strategi Belajar Mengajar | 4442547MB | 2 |
7. | Seminar Pengajaran Bahasa | 4442548MB | 2 |
J U M L A H | 20 |
Semester VI
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Magang/Assiten Mengajar / Mahasiswa Membangun Desa | 44420649MB | 20 |
| - Perencanaan Pengajaran Bahasa* | 444650MB |
|
| - Deutsch für spezielle Verwendung* | 444651MB |
|
| - Praxisdeutsch* | 444652MB |
|
J U M L A H | 20 |
Semester VII
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Assiten Peneliti | 44420753MB | 20 |
| - Metodologi Penelitian Pendidikan** | 444754MB |
|
| - Metodologi Penelitian Linguistik** | 444755MB |
|
| - Metodologi Penelitian Sastra** | 444756MB |
|
J U M L A H | 20 |
Semester VIII
No. |
Mata Kuliah
|
Kode MK |
SKS |
1. | Penulisan Skripsi | 4436841MB | 6 |
J U M L A H | 6 |