KURIKULUM MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA
Penanggung Jawab : Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Dra. Wimsje R. Palar, M.Hum.
Kurikulum berlaku : Tahun 2020
IDENTITAS PROGRAM STUDI
1 | Nama /kode |
|
2 | No. SK Pendirian
No. SK Izin Operasional | 249/Dikti/Kep/96 tanggal 11 Juli 1996
7980/UN41/HK/2014 |
3 | Akreditasi No. SK BAN-PT | B 3263/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 |
4 | Gelar | S.Pd. (Sesuai Permendikbud No 154 Tahun 2014) |
5 | Deskripsi | Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah adalah unsur pelaksana akademik Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Manado (Unima). Sebagai unsur pelaksana akademik mempunyai tugas menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) dalam bidang ilmu bahasa, sastra Indonesia dan daerah serta pembelajarannya. |
6 | Visi | Program Studi yang mengahsilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter mulia, profesional, kompetitif dalam bidang pendidikan, penelitian, pembinaan, pengembangan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. |
7 | Misi | 1. Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan bermakna dalam upaya menghasilkan lulusan yang beriman, berakhlak mulia, dan berkompeten dalam bidang Pengajaran Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. 2. Melaksanakan proses pembelajaran yang mampu membekali mahasiswa melakukan penelitian supaya dapat berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran bahasa, sastra Indonesia, dan daerah. 3. Melaksanakan proses pembelajaran yang mampu membekali mahasiswa supaya memiliki kecakapan dan kepedulian mengembangkan dan melestarikan bahasa, sastra Indonesia, daerah , sebagai warisan budaya luhur bangsa. 4. Melaksanakan proses pembelajaran yang mampu memfasilitasi mahasiswa agar menjadi tenaga prosesional yang siap pakai di dalam bidang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan tuntutan dunia kerja. 5. Melaksanakan pelayanan administrasi kemahasiswaan yang prima, efektif, dan efisien untuk mendukung kenyamanan mahasiswa yang mengikuti proses belajar dan kelancaran menyelesaikan studi. 6. Meningkatkan kualitas penyajian pembelajaran segenap staf pengajar berdasakan standar kualifikasi ISO, yang berbasis IT. |
8 | Tujuan | 1. Menghasilkan lulusan yang beriman kepada Tuhan, berbudi pekerti luhur, berintegritas, toleran terhadap perbedaan, dan tangguh menghadapi berbagai perubahan yang terjadi. 2. Menghasilkan guru bahasa, sastra Indonesia dan daerah memiliki empat kompetensi wajib, yakni : profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan bermakna. 3. Menghasilkan guru bahasa, sastra Indonesia, dan daerah, yang berkompeten dalam mengembangkan dan menemukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan mutu pemebelajaran bahasa, sastra Indonesia dan daerah melalui penelitian tindakan kelas dan pengembangan di sekolah. 4. Menghasilkan lulusan yang siap menjadi pengembang dan peneliti kebahasaan dan kesastraan Indonesia. 5. Menghasilkan lulusan yang siap menjadi pengembang dan peneliti kebahasaan dan kesastraan Indonesia. 6. Menghasilkan praktisi kebahasaan dan kesastraan yang memiliki pengetahuan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan kerja di tingkat daerah, nasional, dan internasional, seperti: penerjemah, jurnalis, penulis, dan sutradara. 7. Menghasilkan praktisi yang siap berkiprah di tengah berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan dan mempublikasikan budaya-budaya daerah sebagai kearifan lokal, seperti: mendokumentasikan keunikan-keunikan adat istiadat dan cerita-cerita rakyat daerah, serta memelopori festival budaya daerah. 8. Menciptakan sistem pelayanan melalui penataan administrasi kemahasiswaan secara teratur, lancar, efektif dan efisien, sebagai upaya menciptakan kenyamanan dan membantu kelancaran mahasiswa dalam menyelesaikan studi. 9. Menciptakan sistem pembelajaran berbasis mutu IT sesuai tuntutan masyarakat penikmat pendidikan melalui kesiapan segenap staf pengajar sesuai standar ISO. |
PROFIL LULUSAN S1 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah adalah tenaga pendidik dan praktisi yang menguasai teori pengajaran bahasa, teori kebahasaan, teori kesastraan Indonesia dan daerah dan mampu menerapkan teori yang dikuasai untuk kepentingan:
- Pengajaran bahasa, sastra Indonesia dan daerah
- Penelitian pengajaran bahasa, sastra Indonesia dan daerah serta penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah sebagai warisan budaya yang perlu dilestarikan
- Pengabdian kepada masyarakat melalui kegiata-kegiatan praktisi kebahasaan dan kesastraan
- Menumbuhkan sikap positif warga masyarakat untuk menghargai dan mencintai bahasa, sastra Indonesia, dan daerah,
KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN
Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah adalah pendidik yang mampu menguasai teori dan menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia adalah sebagai berikut:
- Menguasai konsep teoretis bidang ilmu bahasa, sastra Indonesia dan daerah yang mendukung profesinya sebagai pendidik,
- Memiliki keterampilan berbahasa, bersastra Indonesia dan daerah secara memadai,
- Menerapkan bidang ilmu bahasa, sastra Indonesia dan daerah dan menyelesaikan masalah dalam pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah secara tepat, dan
- Menganalisis permasalahan-permasalahan bahasa, sastra Indonesia, dan daerah serta pembelajarannya dan mengambil keputusan keputusan secara bertanggung jawab.
Lulusan program studi ini memiliki kewenangan sebagai guru Bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, juga memiliki kewenangan tambahan sebagai :
- Penulis dan pengamat jurnalistik
- Pengajar atau instruktur Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)
- Pemeran dan penggarap/pembuat film pendidikan
- Penyunting dan pemublikasi naskah-naskah akademik dan nonakademik
- Pewara secara formal dan nonformal
- Ahli dalam bidang semiotika
- Penulis artikel ilmiah
- Ahli bahasa dalam hubungan dengan konteks forensik hukum
- Proyek kemanusiaan
- Magang
STRUKTUR KURIKULUM
No. | KELOMPOK MATA KULIAH | JUMLAH SKS |
I | Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) | 8 |
II | Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) | 15 |
III | Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) | 65 |
IV | Mata Kuliah Merdeka Belajar (MKMB) | 60 |
| JUMLAH SKS | 148 |
RENCANA KUOTA MAHASISWA : 80 Mahasiswa
KERJA SAMA/KEMITRAAN
- Asosiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (APROSBSI)
- Forum Pimpinan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia
- Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara
- Balai Pelestarian Nilai Budaya Manado
- Kantor Kepolisian Daerah/Kota sebagai Saksi Ahli Bahasa.
SEBARAN MATA KULIAH MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
NO. | KELOMPOK MATA KULIAH | SKS | KODE MK | SEMESTER | |||||||
I | II | III | IV | V | VI | VII | VIII | ||||
I | MATA KULIAH WAJIB UMUM (MKWU) | ||||||||||
1 | Pendidikan Agama | 2 | MB4112101 | √ | |||||||
2 | Pendidikan Pancasila | 2 | MB4112102 | √ | |||||||
3 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | MB4112103 | √ | |||||||
4 | Bahasa Inggris | 2 | MB4112104 | √ | |||||||
JUMLAH | 8 |
| |||||||||
| |||||||||||
II | MATA KULIAH LANDASAN KEAHLIAN (MKLK) | ||||||||||
1 | Pengantar Pendidikan | 3 | MB4123201 | √ | |||||||
2 | Pengembangan Kurikulum | 2 | MB4122202 | √ | |||||||
3 | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 2 | MB41222O3 | √ | |||||||
4 | Filsafat Bahasa dan Seni | 2 | MB4122204 | √ | |||||||
5 | Foreign Language | 2 | MB4122305 | √ | |||||||
6 | Literasi Bahasa Indonesia | 2 | MB4122306 | √ | |||||||
7 | Pembelajaran Digital | 2 | MB4122207 | √ | |||||||
JUMLAH | 15 |
| |||||||||
III | MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) | ||||||||||
1 | Pendidikan Linguistik Kontemporer | 2 | MB4132101 | √ | |||||||
2 | Fonologi Bahasa Indonesia | 2 | MB4132102 | √ | |||||||
3 | Morfologi Bahasa Indonesia | 2 | MB4132203 | √ | |||||||
4 | Sintaksis Bahasa Indonesia | 2 | MB4132304 | √ | |||||||
5 | Semantik Bahasa Indonesia | 2 | MB4132405 | √ | |||||||
6 | Wacana Bahasa Indonesia | 2 | MB4132406 | √ | |||||||
7 | Psikolinguistik | 2 | MB4132207 | √ | |||||||
8 | Sosiolinguistik | 2 | MB4132108 | √ | |||||||
9 | Teori Kesusastraan | 3 | MB4133309 | √ | |||||||
10 | Apresiasi Puisi Prosa Fiksi | 3 | MB4133210 | √ | |||||||
11 | Apresiasi Drama dan Film | 2 | MB4132411 | √ | |||||||
12 | Menyimak | 2 | MB4132112 | √ | |||||||
13 | Membaca Teks Ilmiah dan Sastra | 2 | MB4132113 | √ | |||||||
14 | Wicara Publik | 2 | MB4132214 | √ | |||||||
15 | Menulis Kreatif | 2 | MB4132315 | √ | |||||||
16 | Menulis Karya Ilmiah | 2 | MB4132416 | √ | |||||||
17 | Menulis Fiksi Prosa dan Drama | 3 | MB4133417 | √ | |||||||
18 | Analisis Kesalahan Berbahasa | 2 | MB4132318 | √ | |||||||
19 | Pengantar Penelitian dan Statistik | 2 | MB4132319 | √ | |||||||
20 | Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa,Sastra Indonesia dan Daerah | 2 | MB4132420 | √ | |||||||
21 | Seminar Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia | 2 | MB4132421 | √ | |||||||
22 | Bahasa Arab Melayu | 2 | MB4132122 | √ | |||||||
23 | Pendidikan Linguistik Bahasa dan Sastra Daerah (PLBSD) | 2 | MB4132323 | √ | |||||||
24 | Telaah Kurikulum dan Menulis Buku Teks Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia | 2 | MB4132324 | √ | |||||||
25 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia | 2 | MB4132425 | √ | |||||||
26 | Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia | 2 | MB4132326 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
27 | Evaluasi Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia | 2 | MB4132427 | √ | |||||||
28 | Keterampilan Dasar Mengajar | 2 | MB4132428 | √ | |||||||
29 | Skripsi | 6 | MB4136829 | √ | |||||||
|
| 65 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||||
IV | MATA KULIAH MERDEKA BELAJAR (MKMB) | ||||||||||
1 | Jurnalistik | 3 | MB4143501 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
2 | Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing | 3 | MB4143502 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
3 | Pemeranan dan Pengarapan Film Pendidikan | 3 | MB4143503 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
4 | Penyuntingan dan Pemublikasian | 2 | MB4142504 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
5 | Kepewaraan Teori dan Praktik | 3 | MB4143505 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
6 | Semiotika | 2 | MB4142506 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
7 | Menulis Artikel Ilmiah | 2 | MB4142507 |
|
|
|
| √ |
|
| |
8 | Linguistik Forensik | 2 | MB4142508 |
|
|
|
| √ |
|
| |
9 | Proyek Kemanusiaan : -penyuluhan tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar -pelatihan public speaking bagi perangkat desa -pelatihan teather bagi pemuda dan remaja | 20 | MB41420509 |
|
|
|
|
| √ |
| |
10 | Magang : -mendapatkan keahlian tambahan di TVRI, RRI, Radio swasta,dalam hubungan menjadi pewara yang baik. | 20 | MB41420610 |
|
|
|
|
|
| √ |
|
|
| 60 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 20 | 20 | 22 | 20 | 20 | 20 | 20 | 6 |