KURIKULUM MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA
A. PENDAHULUAN
Dalam rangka memenuhi tuntutan, arus perubahan dan kebutuhan akan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), dan untuk menyiapkan mahasiswa dalam dunia kerja, Perguruan Tinggi dituntut agar dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal.
Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipya kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial dan memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan ril, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.
Empat kebijakan utama yaitu: (1)kemudahan pembukaan program studi baru, (2)perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, (3) kemudahan perguruan tinggi menjadi badan hukum, dan (4) hak belajar tiga semester di luar program studi. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud dapat diambil untuk pembelajaran di luar prodi dalam PT dan atau pembelajaran di Luar PT. Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa maupun perguruan tinggi Dalam pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, program “hak belajar tiga semester di luar program studi” ini terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa maupun perguruan tinggi diantaranya, sebagai berikut:
- Mahasiswa berasal dari Program Studi yang
- Mahasiswa Aktif yang terdaftar pada PD Dikti
1
Bentuk kegiatan pembelajaran diluar PT sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi, semua kegiatan harus dibimbing oleh dosen, kegiatan itu meliputi: (1) Magang Praktik Industri, (2) Proyek Desa, (3)Pertukaran Mahasiswa, (4)Penelitian, (5) Wirausaha, (6) Proyek Independen,
(7) Proyek Kemanusiaan dan (8) Mengajar di Sekolah
Dasar Pemikiran Penyusunan Panduan Kurikulum Merdeka Belajar yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggidan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang meinyatakan bahwa penyusunan kurikulum adalah hak perguruan tinggi, tetapi selanjutnya dinyatakan harus mengacu kepada standar nasional (Pasal 35 ayat 1). Selain dua kebijakan yang menjadi payung menyusunan panduan ini, juga dilandasi Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI. Hal ini mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut
ATURAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI ACUAN DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PENDIDIKAN TINGGI
2
B.DESAIN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG
Program studi pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado berdiri sejak tahun 1962 sebagai Jurusan Asia Timur, kemudian pada tahun 1966 berubah menjadi Jurusan Bahasa Jepang. Pada tahun 1987 berubah status menjadi Program Studi Bahasa Jepang di bawah Jurusan Pendidikan Bahasa Asing bersama dengan Program Studi Bahasa Prancis dan Program Studi Bahasa Jerman pada FKSS IKIP Manado yang kemudian menjadi FPBS IKIP Manado. Pada awalnya Jurusan Bahasa Jepang melaksanakan jenjang pendidikan S1 tetapi pada tahun 1987 hanya menyelenggarakan Program Study D3 dan pada tahun 1993 kembali menyelenggarakan program S1.Tahun 1996 tepatnya terhitung tanggal 11 Juli 1996 berdasarkan SK DIRJEN DIKTI No.249/DIKTI/KEP/96 oleh karena penyederhanaan kelembagaan, maka Jurusan Bahasa Jepang menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang dengan menyelenggarakan program pendidikan S1.
Sejalan dengan itu pula pada tahun 2000 terjadi perubahan status IKIP menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA) di Tondano berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 127 Tahun 2000 tertanggal 13 September 2000, secara otomatis program studi Pendidikan Bahasa Jepang mengikuti penyesuaian tersebut. Berikut ini akan diuraikan identitas program studi:
I.IDENTITAS PROGRAM STUDI
1 | Nama | Program Studi: Pendidikan Bahasa Jepang |
2 | Izin | 249/DIKTI/KEP/96 Tanggal 11 JULI 1996 |
3 | Telepon | 0431-321845 / 0431-321866 |
3 | Akreditasi | B (Baik) S.K. BAN Nomor 0248/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017 |
4 | Gelar | Sarjana Pendidikan (S.Pd.) |
5 | Deskripsi | Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan Bahasa Jepang dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan dan pengajaran Bahasa Jepang dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, cerdas, bermartabat dan berjiwa Entrepreneurship. Lulusan Program Studi Pendidikan Bahsa Jepang juga dibekali keterampilan sebagai |
|
| pengajar Bahasa Jepang yang menguasai teori belajar, karateristik peserta didik, strategi, perencanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Jepang. kewirausahaan dibidang Bisnis Bahasa Jepang antara lain; mendirikan kursus Bahasa Jepang/LPK, tour guide, travel agen. Prodi ini hampir setiap tahun melahirkan juara dalam bebagai kompetisi musik baik tingkat universitas, tingkat daerah dan tingkat Nasional. |
6 | Visi | “Pada tahun 2025 Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNIMA berstandarisasi Nasional dalam penguasaan ilmu dan keterampilan Bahasa Jepang yang professional dan berdaya saing serta menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, professional, cerdas, berkarakter dan berjiwa Entrepreneurship” |
7 | Misi | 1. Mengembangkan budaya kerja yang berwawasan Nasional yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika 2. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara profesional dengan penyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Jepang yang berkualitas. 3. Mengembangkan budaya akademis yang kondusif bagi dosen untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme dan karirnya sebagai tenaga fungsional di tingkat pendidikan tinggi; 4. Mengembangkan program-program kewirausahaan untuk meningkatkan kesejahteraan staf dan mahasiswa serta untuk menunjang kemajuan Prodi dan menumbuhkembangkan jiwa enterpreneur/kewirausahawan 5. Menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga pada skala nasional maupun Internasional di bidang keilmuan dan kependidikan Bahasa Jepang 6. Mengembangkan penelaahan lulusan yang dihasilkan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang melalui pendekatan Alumni Bahasa Jepang FBS/ABJ IKIP/FBS UNIMA. |
8 | Tujuan | 1. Melaksanakan budaya kerja yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika; 2. Memperkuat jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional. 3. Menggiatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan dan pengajaran Bahasa Jepang yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat; 4. Menggiatkan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, kreatif, dan sejahtera; 5. Melaksanakan program peningkatan kinerja layanan berbasis mutu secara berkelanjutan menuju peningkatan efisiensi dan produktivitas disertai peningkatan kesejahteraan dan mutu sumber daya manusia; 6. Menghasilkan lulusan yang: 6.1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, bermartabat, bertanggung jawab, berwawasan luas, dan siap melaksanakan tanggung jawab yang diberikan kepadanya; 6.2. berkompetensi akademik yang profesional dan unggul dalam bidang |
|
| pendidikan Bahasa Jepang; 6.3. memiliki kemampuan dan keterampilan berwirausaha, berkolaborasi, dan berkompetisi dalam masyarakat madani; 6.4. mengikuti perkembangan ilmu yang up to date dan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan Jepang untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta berkontribusi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. 6.5. Memperkuat jejaring baik pada skala nasional dan Internasional untuk meningkatkan potensi keilmuan mahasiswa pendidikan Bahasa Jepang |
- PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN
1. Profil Lulusan
No. | Deskripsi Profil |
1 | Memiliki pengetahuan kependidikan |
2 | Memiliki pengetahuan kebahasaan |
3 | Memiliki pengetahuan budaya dan sastra |
4 | Memiliki keterampilan berbahasa Jepang |
5 | Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran |
6 | Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Jepang |
7 | Memiliki kemampuan meneliti kegiatanpembelajaran bahasa Jepang |
8 | Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Jepang peserta didik |
9 | Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Jepang |
Lulusan Program studi pendiidkan Bahasa Jepang mempunyai kualifikasi Sarjana pendidikan, diharapkan dapat bekerja sebagai:
- 1. Guru Bahasa Jepang di SMU/SMK/MA
- 2. Instruktur Bahasa Jepang
- 3. Penerjemah Bahasa Jepang lisan dan tulisan
- Bisnis dalam bidang keJepangan
2. Capaian pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang terdiri atas :
- Kompetensi Ilmu Pengetahuan/ Knowledge and understanding:
- Kompetensi Keterampilan/ Intelektual Skill
- Kompetensi Keterampilan/ Intelektual Skill
Kompetensi Lulusan
- Kompetensi Ilmu Pengetahuan/ Knowledge and understanding:
- Mempunyai pengetahuan dan pemahaman atas pendidikan bahasa Jepang
- Mempunyai pengetahuan dan pemahaman atas metodologi pembelajaran bahasa Jepang
- Mempunyai pengetahuan dan pemahaman atas teori-teori bahasa Jepang
- Mempunyai pengetahuan dan pemahaman atas fenomena perkembangan bahasa Jepang
- Mempunyai pengetahuan dan pemahaman perkembangan budaya dan sastra Jepang
- Memiliki sikap, kepribadian, dan perilaku yang dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia
b. Kompetensi Keterampilan/ Intelektual Skill
- Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Jepang, ilmu bahasa dan sastra, ilmu pendidikan, dan ilmu penelitian yang berorientasi pada standar proses
- Mampu melakukan perencanaan penelitian dan menulis karya ilmiah tentang bahasa Jepang dan mempunyai keterampilan berbahasa Jepang aktif maupun pasif pada level (minimal) N3 untuk dijadikan bekal dalam memasuki dunia kerja, baik kependidikan maupun Non-kependidikan.
- Mampu menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran bahasa Jepang berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler
- Memahami pengetahuan dan wawasan tentang ke-Jepang-an yang meliputi budaya, sastra, adat istiadat dan kebiasaan bangsa Jepang agar dapat dijadikan bekal untuk meningkatkan jiwa enterpreneur individu lulusan
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam kaidah keilmuan bahasa Jepang untuk mengaplikasikan pendidikan dan pembelajaran bahasa Jepang menggunakan metode penelitian kuantitatif maupun kualitatif, memberikan saran kepada teman sejawat, serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku
3. Kompetensi Pendukung/ Practical Skill
- Mampu sebagai tour guide/pemandu wisata individu maupun kelompok
- Mampu sebagai instruktur di kursus-kursus/LPK bahasa Jepang non formal
- Mampu sebagai instruktur pengenalan budaya Jepang (memakai kimono, membuat makanan Jepang, Shodo, dan
- Mampu sebagai penyelenggara kegiatan-kegiatan pertunjukan budaya khususnya budaya Jepang/Bunkasai
- Mampu sebagai pengelola kursus bahasa Jepang/Lembaga penerjemahan bahasa Jepang
- Mampu sebagai manajer kelompok-kelompok belajar keterampilan ikebana/merangkai bunga, membuat macam-macam origami
- Mampu mengaplikasikan wahana Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas/peranannya sebagai akademisi maupun guru bahasa Jepang
Capaian Pembelajaran pada Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNIMA menggunakan standar kualifikasi dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6 sebagai berikut:
- Memahami karakteristik dan potensi anak didik serta mampu memfasilitasi perkembangan potensi tersebut dalam pembelajaran bahasa
- Menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang program pembelajaran bahasa Jepang yang mendidik dan dapat memaksimalkan potensi
- Memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam rangka mengatasi masalah atau upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan alat penilaian untuk memperbaiki proses dan hasil belajar bahasa
- Menguasasi keterampilan berbahasa Jepang baik aktif maupun pasif pada level (minimal) N3 untuk dijadikan bekal dalam memasuki dunia kerja, baik bidang kependidikan maupun nonkependidikan.
- Memiliki pengetahuan tentang ilmu bahasa Jepang (linguistik) agar dapat dijadikan bekal dalam memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang ke-Jepang-an yang meliputi budaya, sastra, adat istiadat, dan kebiasaan bangsa Jepang agar dapat dijadikan bekal untuk meningkatkan kinerja individu lulusan.
- Dapat memanfaatkan pengetahuan, teknologi, dan seni pada bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah pembelajaran dan dalam beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya.
- Memiliki sikap, kepribadian, dan perilaku yang dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia yang diwujudkan dalam pola tindak yang bertanggung jawab, terbuka, percaya diri, tangguh, ulet, jujur, dan berempati terhadap anak didiknya, masyarakat, dan lingkungannya.
Sasaran keterampilan berbahasa Jepang yang harus dimiliki pembelajar adalah:
- Menguasai huruf Kanji 1000-1400
- Menguasai kosakata 6000-10000 kata.
- Menguasai tata bahasa (penguasaan pola kalimat dan ungkapan) sampai level N3
- Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, menerjemahkan tema- tema tentang sosial, budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan
III. Struktur Kurikulum Prodi Pendidikan bahasa Jepang FBS UNIMA
1 | Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) | 8 |
2 | Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) | 15 |
3 | Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) | 65 |
4 | Mata Kuliah Merdeka Belajar (MKBB) | 60 |
| Jumlah | 148 |
Rencana Kuota Mahasiswa = 50 mahasiswa
Kerjasama Kemitraan :
- The Japan Foundation
- Tokyo Foundation
- Asosiasi Prodi FDBJI (Forum Dosen Bahasa Jepang Indonesia)
- ASPBJI (Asosiasi Pengajar Bahasa Jepang Indonesia)
- LPK Tsunagu
- LPK Hikaru Haruka
Distribusi/daftar Mata Kuliah :
SEBARAN MATA KULIAH KURIKULUM MERDEKA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG 2020
NO | SEMESTER I/SKS | SEMESTER 2/SKS | SEMESTER 3/SKS | SEMESTER 4/SKS | SEMESTER 5/SKS | SEMESTER 6/SKS | SEMESTER 7/SKS | SEMESTER 8/SKS |
1 | Pendidikan Agama/2 | Pendidikan Kewarganegaraan/ 2 | Literasi Bahasa Indonesia/2 | Pengembangan Kurikulum/2 |
M.K PILIHAN DI PRODI /KURIKULUM MERDEKA PRODI 1. Statistik Pendidikan/2 2. Kanko Nihongo (Guiding Bahasa Jepang)/2 3.Bujinesu Nihongo (Bahasa Jepang Bisnis)/2 4.Ibunka Rikai (Pengenalan Budaya Jepang)/2 5. Gakushuu Inobesion (Inovasi Pembelajaran)/2
Kuliah diprodi lain dalam PT (20 sks) | Mengambil 1 program dari 8 program Rekognisi: 40 sks
1. Magang 2. Proyek didesa 3. Mengajar disekolah 4. Pertukaran Pelajar 5. Penelitian/Riset 6. Kegiatan Wirausaha 7. Studi/Proyek Independen 8. Proyek Kemanusiaan |
Ujian Kompre | |
2 | Pancasila/2 | Bahasa Indonesia/2 | Pembelajaran Digital/2 | Filsafat Bahasa dan Seni/2 | ||||
3 | Pengantar Pendidikan/2 | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni/2 | Goi Moji 3/2 | Goi Moji 4/2 | ||||
4 | Foreign Language/2 | Goi Moji 2/2 | Bunpo 3 /2 | Bunpo 4 /2 | ||||
5 | Goi Moji 1/2 | Bunpo 2 /2 | Kaiwa 3/2 | Kaiwa 4/2 | ||||
6 | Bunpo 1 /2 | Kaiwa 2/2 | Chokai 3 /2 | Chokai 4 /2 | ||||
7 | Kaiwa 1/2 | Chokai 2/2 | Nihongo 3 /2 | Nihongo 4 /2 | ||||
8 | Chokai 1 /2 | Nihongo 2 /2 | Dokkai 3/2 | Dokkai 4/2 | ||||
9 | Nihongo1 /2 | Dokkai 2/2 | Sakubun 1/2 | Sakubun 2 | ||||
10 | Dokkai 1/2 | Nihonbunkashi/2 | Penelitian (Pendidikan,Bahasa, Budaya,Sastra)/2 | Honyaku/2 | ||||
|
|
| Nihongogaku/2 |
|
|
|
| |
| 20 | 20 | 22 | 20 | 20 | 40 | 6 | |
| Total= 148 SKS |
SEBARAN MATA KULIAH
N0 |
MATA KULIAH / KELOMPOK MK |
KODE MK |
SKS | SEMESTER | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
| ||||
I. MATA KULIAH WAJIB UMU (MKWU) 8 SKS | ||||||||||||
1 | Pendidikan Agama Kristen | JP4312101 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
| Pendidikan Agama Katolik | JP4312101 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
| |
| Pendidikan Agama Islam | JP4312101 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
| |
2 | Pendidikan Pancasila | JP4312102 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 | Pendidikan Kewarganegaraan | JP4312103 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
4 | Bahasa Indonesia | JP4312104 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
J U M L A H | 8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
II. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKLK) 15 SKS | ||||||||||||
5 | Pengantar Pendidikan | JP4322105 | 3 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 | Pengembangan Kurikulum | JP4322206 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
7 | Managemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | JP4322207 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
8 | Filsafat Bahasa dan Seni | JP4322208 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
9 | Foreign Language | JP4322209 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
10 | Literasi Bahasa Indonesia | JP4322210 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
11 | Pembelajaran Digital | JP4322211 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
J U M L A H | 15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
III. MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) 65 SKS | ||||||||||||
12 | Goi Moji 1 | JP 4332112 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
13 | Goi Moji 2 | JP 4332213 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
14 | Goi Moji 3 | JP 4332314 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
15 | Goi Moji 4 | JP 4332415 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
16 | Bunpo 1 | JP 4332116 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
17 | Bunpo 2 | JP 4332217 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
18 | Bunpo 3 | JP 4332318 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
19 | Bunpo 4 | JP 4332419 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
20 | Kaiwa 1 | JP 4332120 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
21 | Kaiwa 2 | JP 4332221 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
22 | Kaiwa 3 | JP 4332322 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
23 | Kaiwa 4 | JP 4332423 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
24 | Chokai 1 | JP 4332124 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
25 | Chokai 2 | JP 4332225 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
26 | Chokai 3 | JP 4332326 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
27 | Chokai 4 | JP 4332427 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
28 | Nihongo 1 | JP 4332128 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
29 | Nihongo 2 | JP 4332229 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
30 | Nihongo 3 | JP 4332330 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
31 | Nihongo 4 | JP 4332431 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
32 | Nihongogaku | JP 4332332 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
33 | Sakubun 1 | JP 4332333 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
34 | Sakubun 2 | JP 4332434 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
35 | Dokkai 1 | JP 4332135 | 2 | √ |
|
|
|
|
|
|
|
|
36 | Dokkai 2 | JP 4332436 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
37 | Honyaku | JP 4332537 | 3 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
38 | Tsuyaku | JP 4332538 | 2 |
|
|
| √ |
|
|
|
|
|
39 | Penelitian (Pendidikan,Bahasa,Budaya,Sastra) | JP 4332739 | 2 |
|
| √ |
|
|
|
|
|
|
40 | Nihonbunkashi | JP 4332740 | 2 |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
41 | Skripsi | JP 4336741 | 6 |
|
|
|
|
|
|
| √ |
|
J U M L A H | 65 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
IV. MATA KULIAH MERDEKA BELAJAR (MKBB) 65 SKS | ||||||||||||
42 | Kanko Nihongo (Guiding Bahasa Jepang) | JP 4332542 | 2 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
|
43 | Bujinesu Nihongo ( Bahasa Jepang Bisnis) | JP 4332743 | 2 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
|
44 | Ibunka Rikai (Pengenalan Budaya Jepang) | JP 4332744 | 2 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
|
45 | Gakushuu Inobesion (Inovasi Pembelajaran) | JP 4332745 | 3 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
|
46 | Nihon no Anime (Anime Jepang) | JP 4332846 | 2 |
|
|
|
| √ |
|
|
|
|
47 | Statistik Pendidikan | JP 4332747 | 3 |
|
|
|
|
| √ |
|
|
|
48 | Strategi Pembelajaran | JP 4332748 | 2 |
|
|
|
|
| √ |
|
|
|
49 | Seminar proposal penelitian | JP 4332749 | 3 |
|
|
|
|
| √ |
|
|
|
50 | Magang Bersertifikat | JP 4332750 | 20 |
|
|
|
|
| √ |
|
|
|
51 | Ass Peneliti | JP 4332751 | 20 |
|
|
|
|
|
| √ |
|
|
JUMLAH | 60 |
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL SKS | 148 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemetaan Strategi Pencapaian TKKM (Target Kuliah Kompetensi Merdeka) Prodi pendidikan Bahasa Jepang FBS UNIMA
PROFIL LULUSAN | CP | KOMPETENSI TAMBAHAN (DARI KURIKULUM MERDEKA) | PEMETAAN STRATEGI PENCAPAIAN | Pengembangan Diri bidang Kemahasiswaan | |||||
8 Program | MK luar Prodi dalam PT (sem 5) | Instansi Luar PT | Semester 8 | Ekivalensi TKKM | |||||
Semester 6 | Semester 7 | ||||||||
| Sesuai CP di | *Sesuai capaian | Pendidikan | Contohnya: | 1. tour guide/pemandu wisata individu maupun kelompok 2. instruktur di kursus-kursus/LPK bahasa Jepang | Diinstansi mitra; | Artikel | Evaluasi | PKM, Karya tulis |
| RPS | TKKM yang | Bahasa | 1.creative | penerapan | Publish, hak | TKKM yang | mahasiswa, | |
|
| dirumuskan | Jepang, | writing | dilapangan, submit | cipta | diajukan | Bunkasai, Hapyo | |
Calon |
| mahasiswa dan | Linguistik, | 2.Public | artikel jurnal, | Granted, Tes | memuat 150 | Taikai, dll | |
Peneliti |
| dosen wali | Sastra dan | speaking | pengajuan hak | JLPT N3 | sks lulus |
| |
Bidang |
|
| Budaya | 3.Discours | cipta, dll | selesai + | namun yang |
| |
Pendidikan |
|
| Jepang | Analysis |
| ujian Akhir | diakui |
| |
Bahasa |
|
|
| 4.Lintas |
|
| berdasarkan |
| |
Jepang |
|
|
| Budaya |
|
| progress |
| |
|
|
|
| 5.strategi |
|
| reporty dan |
| |
|
|
|
| pemb. BIPA |
|
| hasil 148 SKS |
| |
|
|
|
|
|
|
| (LULUS) |
| |
82 sks (semester 1-4 + mengikuti LKMM dasar dan Menengah oleh HIMAJU/Senat Mahasiswa | 20 sks | 20 sks | 20 sks | 6 sks + sertifikat JLPT N3 | 148 sks |
| |||
Capaian kompetensi tambahan: kemampuan manajerial/kepemimpinan (LKKM Himaju: sertifikat JLPT N3, sertifikat HKI, artikel publish dan pemakalah |
Model Perancangan TKKM (Target Kuliah Kompetensi Merdeka)
Prodi pendidikan Bahasa Jepang FBS UNIMA
(kecuali CP, dapat berbeda tergantung hasil diskusi mahasiswa dan dosen wali/PA
PROFIL | CP | KOMPETENSI | PEMETAAN STRATEGI PENCAPAIAN | Pengembangan Diri bidang | |||
LULUSAN |
| TAMBAHAN (DARI |
| Kemahasiswaan | |||
|
| KURIKULUM |
|
| |||
|
| MERDEKA) | 8 Program | MK luar | Instansi Luar PT | Ekivalensi |
|
|
|
| * MK luar | Prodi dalam |
| SKS dan |
|
|
|
| Prodi | PT |
| Rekognisi |
|
| Sesuai CP di | *Sesuai capaian | Sesuai | Memanfaat | Mengutamakan lembaga pemerintah ataupun swasta yang ada disulawesi utara Dinas tenaga Kerja, LPK, Tour Travel, Lembaga Kursus, perusahan Ikan Kaleng, dll | reporty dan | PKM, Karya tulis mahasiswa, |
Calon | RPS | TKKM yang | potensi | kan | hasil 148 SKS | Bunkasai, Hapyo Taikai, dll | |
Peneliti |
| dirumuskan | minat | spesifikasi | (LULUS) |
| |
Bidang |
| mahasiswa dan | bakat | serta |
|
| |
Pendidikan |
| dosen wali | mahasiswa | keunggulan |
|
| |
Bahasa |
|
| dan daya | prodi2 |
|
| |
Jepang |
|
| dukung PT | didalam PT |
|
| |
|
|
|
| sendiri |
|
|
TAHAPAN/TARGET KULIAH TKKM (TARGET KULIAH KOMPETENSI MERDEKA) PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNIMA
Waktu | Tahap | Penanggung Jawab |
PKKMB | Sosialisasi | UPPS |
Semester 3 s/d 4 | Penyususnan TKKM | Mahasiswa dan dosen wali |
Akhir semester 3 | Validasi Program | Prodi dan gugus penjamin mutu/ UPM Fakultas |
Akhir semester 4 | Penerbitan: 1.Surat Tugas Dosen 2.SPK dengan Mitra 3. Pendataan di SI UNIMA 4. Panduan Monev | Prodi, UPPS dan Lembaga Penjamin Mutu |
Semester 5, 6, 7 | Pelaksanaan dan Monev Rekognisi per semester 5,6,7 |
|
Semester 8 | Rekognisi Akademik tuntas |
|