Kurikulum MB-KM
Penanggung Jawab : Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Nihta V. F. Liando, M.A., Ph.D.
Kurikulum berlaku : Tahun 2020
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Identitas Program Studi
1 | Nama /kode | S1 Pendidikan Bahasa Inggris/61604031003 (Sesuai Permendikbud No 154 Tahun 2014) |
2 | No. SK Pendirian dan Izin Operasional/ Perpanjangan | 249/Dikti/Kep/96 pada tanggal 11 Juli 1996 61/DIKTI/Kep/2007 pada tanggal 2 April 2007 |
3 | Akreditasi | B (336) No. SK: 2967/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 |
4 | Gelar | S.Pd. (Sesuai Permendikbud No 154 Tahun 2014) |
5 | Deskripsi | Prodi yang menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mumpuni di bidangnya, berkarakter, berkemampuan dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dan berdaya saing tinggi. |
6 | Visi | Menjadi prodi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang berkarakter, inovatif, dan kompetitif di dunia kerja dalam tahun 2025. |
7 | Misi | 1. Menyelenggarakan dan mengembangkan good governance program studi kependidikan melalui sistem manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang efisien dan efektif 2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis penguatan kurikulum dan sinergitas dengan program inovasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris 3. Menyelenggarakan program penelitian yang inovatif dan produktif yang relevan dengan pendidikan Bahasa Inggris dan mendorong publikasi ilmiah yang bereputasi 4. Menyelenggarakan program-program pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan yang relevan dengan pendidikan bahasa Inggris |
8 | Tujuan | 1. Menghasilkan tata kelola yang efektif dan efisien berbasis teknologi informasi demi terselenggaranya proses pembelajaran, peningkatan kapasitas serta layanan serta kemitraan yang mendukung pelaksanaan pengajaran, penelitian dan pengabdian. 2. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam kompetensi, karakter, inovasi dan competitiveness. 3. Menghasilkan kajian dan penelitian ilmiah yang relevan dan bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran dan keilmuan sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan global 4. Menghasilkan publikasi ilmiah yang bereputasi yang merefleksikan kompetensi dan inovasi dalam memecahkan masalah dan mengembangkan terobosan di bidang pendidikan Bahasa Inggris. 5. Menghasilkan layanan dan kegiatan pengabdian yang sejalan dengan hasil studi ilmiah dan penerapan bidang ilmu untuk menjawab kebutuhan masyarakat. |
Profil Lulusan PS S1 Pend. Bahasa Inggris
Profil | Kemampuan | Deskripsi Kemampuan |
Guru atau pendidik Bahasa Inggris
| Bidang kerja (Keterampilan) | Mampu melakukan PBM Bahasa Inggris secara kreatif, inovatif dan kontekstual dengan menunjukkan ketrampilan mengajar yang mumpuni sehingga dapat menunjukkan hasil yang maksimal. |
| ||
| ||
Pengetahuan yang perlu dikuasai | Menguasai pengetahuan tentang English use and usage serta elemen-elemen dalam pembelajaran bahasa. | |
| ||
| ||
Manajerial | Memiliki kemampuan mengelola kelas | |
sehingga proses pembelajaran dapat berjalan maksimal | ||
| ||
Peneliti bidang kebahasaan | Bidang kerja | Mampu melakukan berbagai jenis penelitian sederhana di bidang Pendidikan kebahasaan khususnya bahasa Inggris |
| ||
| ||
Pengetahuan yang perlu dikuasai | Perlu menguasai berbagai jenis penelitian, kuantitatif, kualitatif atau kombinasi keduanya. | |
Perlu menguasai jenis-jenis metode penelitian dan teknik pengumpulan data serta analisis data. | ||
| ||
Manajerial | Mampu mengelola kegiatan penelitian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. | |
| ||
| ||
Pengembang program pembelajaran kebahasaan | Bidang kerja | Mampu mengembangkan program pembelajaran bahasa khususnya bahasa Inggris |
| ||
| ||
Pengetahuan yang perlu dikuasai | Perlu menguasai berbagai pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa | |
Perlu menguasai jenis-jenis evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa | ||
| ||
Manajerial | Mampu mengelola kegiatan pengembangan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. | |
| ||
Penyunting naskah berbahasa Inggris | Bidang kerja | Mampu menyunting berbagai teks berbahasa Inggris |
| ||
| ||
Pengetahuan yang perlu dikuasai | Perlu menguasai struktur Bahasa sumber dan bahasa target | |
Perlu menguasai jenis-jenis idiom sehingga dapat memastikan tingkat keterbacaaan suatu teks. | ||
| ||
Manajerial | Mampu mengelola kegiatan penyuntingan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. | |
Penerjemah | Bidang kerja | Mampu menerjemahkan teks dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya. |
| ||
| ||
Pengetahuan yang perlu dikuasai | Perlu menguasai struktur Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan baik | |
Perlu menguasai jenis-jenis kata, frasa, kalimat serta pemahaman semantic dan pragmatic | ||
| ||
Manajerial | Mampu mengelola kegiatan penerjemahan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. |
Struktur kurikulum (distribusi tiap kelompok MK) :
No. | KELOMPOK MATA KULIAH | JUMLAH SKS |
I | MATA KULIAH WAJIB UMUM (MKWU) | 8 |
II | MATA KULIAH LANDASAN KEAHLIAN (MKLK) | 15 |
III | MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) | 65 |
IV | MATA KULIAH MERDEKA BELAJAR (MKMB) | 60 |
| JUMLAH SKS | 148 |
Rencana kuota mahasiswa : 90 Mahasiswa
Kerjasama/Kemitraan : Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
(APS-PBIng)
Distribusi/daftar Mata Kuliah :
SEBARAN MATA KULIAH |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||
NO. | KELOMPOK MATA KULIAH | SKS | KODE M.K | SEMESTER | Total MK Sem !-VIII | |||||||||
I | II | III | IV | V | VI | VII | VIII | |||||||
I | MATA KULIAH WAJIB UMUM (MKWU) | |||||||||||||
1 | Pendidikan Agama | 2 | MB4212101 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
2 | Pendidikan Pancasila | 2 | MB4212102 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
3 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | MB4212103 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
4 | Bahasa Indonesia | 2 | MB4212104 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
| JUMLAH | 8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |
II | MATA KULIAH LANDASAN KEAHLIAN (MKLK) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||
5 | Pengantar Pendidikan | 3 | MB4223201 |
| 3 |
|
|
|
|
|
|
| ||
6 | Pengembangan Kurikulum | 2 | MB4222202 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
7 | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 2 | MB4222203 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
8 | Filsafat Bahasa dan Seni | 2 | MB4222204 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
9 | Foreign Language | 2 | MB4222305 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
10 | Literasi Bahasa Indonesia | 2 | MB4222306 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
11 | Pembelajaran Digital | 2 | MB4222207 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
| JUMLAH | 15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||
III | MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||
12 | Basic Listening | 3 | MB4233101 | 3 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
13 | Intermediate Listening | 2 | MB4232202 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
14 | Advance Listening | 2 | MB4232303 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
15 | Basic Speaking | 3 | MB4233104 | 3 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
16 | Intermediate Speaking | 2 | MB4232205 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
17 | Advance Speaking | 2 | MB4232306 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
18 | Basic Reading | 3 | MB4233107 | 3 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
19 | Intermediate Reading | 2 | MB4232208 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
20 | Advance Reading | 2 | MB4232309 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
21 | Basic Writing | 3 | MB4233110 | 3 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
22 | Intermediate Writing | 2 | MB4232211 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
23 | Advance Writing | 2 | MB4232312 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
24 | Basic English Grammar | 2 | MB4232113 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
| ||
25 | Intermediate English Grammar | 2 | MB4232214 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| ||
26 | Advance English Grammar | 2 | MB4232315 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
27 | Media and ICT for ELT | 2 | MB4232416 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
| ||
28 | E-learning for ELT | 2 | MB4232417 |
|
| 2 |
|
|
|
|
| |||
29 | Curriculum and Material Development (Digital-based Material Development) | 2 | MB4232318 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
30 | Planning on ELT | 2 | MB4232419 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
| ||
31 | Research and Seminar on ELT | 2 | MB4232420 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
| ||
32 | Approach to TEFL | 2 | MB4232321 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
33 | Assessment on ELT | 3 | MB4232422 |
|
|
| 3 |
|
|
|
|
| ||
34 | Introduction to Linguistics | 2 | MB4232323 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
35 | Linguistic approach for ELT | 2 | MB4232424 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
| ||
36 | Introduction to Literature | 2 | MB4232325 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| ||
37 | Literary work and ELT | 2 | MB4233426 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
| ||
38 | Microteaching | 2 | MB4232427 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
| ||
39 | Skripsi | 6 | MB4236828 |
|
|
|
|
|
|
| 6 |
| ||
| JUMLAH | 65 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
IV | MATA KULIAH MERDEKABELAJAR (MKMB) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||
39 | Creative Writing | 2 | MB4242501 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
40 | English for Young Learners | 2 | MB4242502 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
41 | Translation | 2 | MB4242503 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
42 | Public Speaking | 2 | MB4242504 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
43 | Introduction to Woman Studies | 2 | MB4242505 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
44 | Scientific Writing | 2 | MB4242506 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
45 | English for Journalism | 2 | MB4242507 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
46 | English for Tourism | 2 | MB4242508 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
47 | English for Business | 2 | MB4242509 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
48 | Discourse Analysis | 2 | MB4242510 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| ||
49 | PLP/KKN Tematik/Proyek kemanusiaan | 20 | MB4242601 |
|
|
|
|
| 20 |
|
|
| ||
50 | Asisten riset/Proyek Independen | 20 | MB4242701 |
|
|
|
|
|
| 20 |
|
| ||
| JUMLAH | 60 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |
| JUMLAH SKS PER SEMESTER |
|
| 22 | 21 | 22 | 17 | 20 | 20 | 20 | 6 | 148 |