KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA
Penanggungjawab : Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis
Dr. Grace Shirley Luntungan, M.Hum
Kurikulum berlaku : Tahun 2020
- Identitas dan Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis
- Identitas Program Studi
1 | Nama /kode | Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
( Sesuai Permendikbud No 154 Tahun 2014) | ||||||
2 | Izin Operasional/ Perpanjangan | 61/DIKTI/Kep/2007 | ||||||
3 | Akreditasi | B, sesuai SK. No. 2520/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 | ||||||
4 | Gelar | Sarjana Pendidikan (SPd), Sesuai Permendikbud No 154 Tahun 2014. | ||||||
5 | Deskripsi | Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado yang Menyelenggarakan pendidikan akademik strata sarjana (S1). (SK Dirjen Dikti No.249/DIKTI/Kep/1996, tanggal 11 Juli 1996). Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial sesuai dengan standar KKNI dengan kemampuan penguasaan pengetahuan, keterampilan baik umum maupun khusus, sikap, dan kemampuan manajerial dalam bahasa Prancis. | ||||||
6 | Visi | Menjadi Program Studi yang dapat menghasilkan SDM yang terampil berkomunikasi dalam bahasa Prancis, yang menguasai bidang Ilmu bahasa / sastra Prancis, yang berkompetensi di bidang Pembelajaran Bahasa Prancis yang profesional dan berdaya saing di pasar kerja global. | ||||||
7 | Misi | a. Mendidik & membina calon sarjana yang kompeten sebagai calon guru Bahasa Prancis. b. Menyiapkan lulusan yang terampil berbahasa Prancis dan yang mampu mengembangkan pengetahuannya untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat c. Membekali calon lulusan untuk kompetitif di bidang jasa komunikasi dan pariwisata. | ||||||
8 | Tujuan | 1. Mempersiapkan lulusan menjadi Sarjana Pendidikan Bahasa Prancis yang berkompetensi sebagai calon guru/instruktur bahasa Prancis ; a. Mampu berbahasa Prancis lisan dan tulisan untuk kebutuhan komunikasi sosial dan profesional setara tingkat B1 DELF (Diplôme d’Études des Langues Françaises / Diploma Internasional Bahasa Prancis). b. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengembangkan dan mengevaluasi proses pembelajaran bahasa Prancis tingkat dasar. c. Mampu mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. 2. Mempersiapkan lulusan yang mampu mendesiminasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait masalah belajar dan pembelajaran Bahasa Prancis dalam bentuk artikel ilmiah. 3. Mempersiapkan lulusan yang mampu menguasai berbagai teori, pendekatan, konsep, dan prinsip bahasa Perancis untuk tujuan khusus bidang : pariwisata, perhotelan dan restorasi, bisnis, perbankan, dan kesekretariatan. |
- Profil Lulusan Program Studi
Profil | Deskripsi |
Calon Guru Bahasa Prancis | Calon Guru pada jenjang sekolah menengah dan atas : a. Mantap dalam berbahasa Prancis, stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia, menjadi teladan; b. Memahami peserta didik, menguasai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan potensi peserta didik; c. Menguasai materi/bahasa Prancis tingkat dasar dari sisi keilmuan dan pedagogik, kurikulum dan silabus sekolah, pendekatan komunikatif, wawasan etika guru dan pengembangan profesi; d. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Prancis dengan peserta didik, sesama pendidik, masyarakat lokal/nasional/internasional. |
Peneliti bidang Bahasa Prancis | Peneliti dalam rangka pemecahan masalah baik masalah praktik Bahasa Prancis di sekolah maupun dalam rangka pengembangan bidang ilmu Bahasa Prancis. Mampu mempublikasikan hasil penelitian melalui jurnal terakreditasi nasional ataupun internasional |
Penerjemah, Karyawan Pariwisata , Tenaga kependidikan (negeri/swasta), Pegawai Imigrasi / Telkom / Bank / penerbangan / kedutaan, Wirausaha. |
|
- Struktur Kurikulum:
No. | KELOMPOK MATA KULIAH | JUMLAH SKS |
I | Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) | 8 |
II | Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) | 15 |
III | Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) | 65 |
IV | Mata Kuliah Merdeka Belajar (MKMB) | 60 |
T O T A L | 148 |
III. Rencana Kuota Mahasiswa : 20 Mahasiswa
- Kerjasama/Kemitraan: - Asosiasi PengajarBahasa Prancis Indonesia
- Institut Français d’Indonésie (IFI) Ambassade de France en Indonésie
- Daftar Mata Kuliah/Sebaran Mata Kuliah
- A. Daftar Mata Kuliah
Kode MK | Mata kuliah | Sks | Semester | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |||
I | Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) = 8 SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4512101MB | Pendidikan Agama | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4512102MB | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4512203MB | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4512204MB | Bahasa Indonesia | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
II | Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK)=15 SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4523105MB | Pengantar Pendidikan | 3 | 3 |
|
|
|
|
|
|
|
4522206MB | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4522207MB | Pengembangan Kurikulum | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4522308MB | Filsafat Bahasa dan Seni | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4522309MB | Foreign Language | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4522410MB | Literasi Bahasa Indonesia | 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
4522411MB | Literasi Digital | 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
III | Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) = 65 SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4532112MB | Réception Orale I | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4532113MB | Réception Écrite I | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4532114MB | Production Orale I | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4532115MB | Production Écrite I | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4532216MB | Réception Orale II | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4532217MB | Réception Écrite II | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4532218MB | Production Orale II | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4532219MB | Production Écrite II | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4532320MB | Réception Orale III | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4532321MB | Réception Écrite III | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4532322MB | Production Orale III | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4532323MB | Production Écrite III | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4533424MB | Réception Orale IV | 3 |
|
|
| 3 |
|
|
|
|
4533425MB | Réception Écrite IV | 3 |
|
|
| 3 |
|
|
|
|
4533426MB | Production Orale IV | 3 |
|
|
| 3 |
|
|
|
|
4533427MB | Production Écrite IV | 3 |
|
|
| 3 |
|
|
|
|
4532128MB | Phonétique | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4532129MB | Vocabulaire | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4532130MB | Civilisation Française | 2 | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
4532231MB | Linguistik Umum | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4532232MB | Grammaire I | 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
4532333MB | Grammaire II | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4532334MB | Étude de Textes | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4532335MB | Stratégie de l’Apprentissage du FLE | 2 |
|
| 3 |
|
|
|
|
|
4532336MB | Planification de la Classe du FLE | 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
4532437MB | Evaluation de l’Apprentissage du FLE | 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
4532438MB | Linguistique Française | 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
4536839MB | Skripsi | 6 |
|
|
|
|
|
|
| 6 |
IV | Mata Kuliah Merdeka Belajar (MKMB) = 60 SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4544540MB | Français sur Objectifs Spécifiques | 4 |
|
|
|
| 4 |
|
|
|
4543541MB | Traduction | 3 |
|
|
|
| 3 |
|
|
|
4543542MB | Littérature Française | 3 |
|
|
|
| 3 |
|
|
|
4543543MB | Lintas Budaya | 3 |
|
|
|
| 3 |
|
|
|
4543544MB | Metodologi Penelitian (Pendidikan, Bahasa, Budaya, Sastra) | 3 |
|
|
|
| 3 |
|
|
|
4542545MB | Seminar Proposal Penelitian | 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
4542546MB | Microteaching | 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
4542647MB | PKL FOS / PLP / KKN | 20 |
|
|
|
|
| 20 |
|
|
4542748MB | Asisten Riset / Proyek Independen / Kewirausahaan | 20 |
|
|
|
|
|
| 20 |
|
| TOTAL SKS | 148 | 21 | 20 | 21 | 20 | 20 | 20 | 20 | 6 |
- Sebaran Mata Kuliah
Sem. | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |
(1) | (2) | (3) | (4) | |
I
| 4512101MB | Pendidikan Agama | 2 | |
4512102MB | Pendidikan Pancasila | 2 | ||
4523105MB | Pengantar Pendidikan | 3 | ||
4532112MB | Réception Orale I | 2 | ||
4532113MB | Production Orale I | 2 | ||
4532114MB | Réception Écrite I | 2 | ||
4532115MB | Production Écrite I | 2 | ||
4532128MB | Phonétique | 2 | ||
4532129MB | Civilisation Française | 2 | ||
4532130MB | Vocabulaire | 2 | ||
| Jumlah | 21 | ||
II
| 4512203MB | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |
4512204MB | Bahasa Indonesia | 2 | ||
4522206MB | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 2 | ||
4522207MB | Pengembangan Kurikulum | 2 | ||
4532216MB | Réception Orale II | 2 | ||
4532217MB | Production Orale II | 2 | ||
4532218MB | Réception Écrite II | 2 | ||
4532219MB | Production Écrite II | 2 | ||
4532231MB | Linguistik Umum | 2 | ||
4532232MB | Grammaire I | 2 | ||
| Jumlah | 20 | ||
III | 4522308MB | Filsafat Bahasa dan Seni | 2 | |
4522309MB | Foreign Language | 2 | ||
4532320MB | Réception Orale III | 2 | ||
4532321MB | Production Orale III | 2 | ||
4532322MB | Réception Ecrite III | 2 | ||
4532323MB | Production Écrite III | 2 | ||
4532333MB | Grammaire II | 2 | ||
4532334MB | Étude de Textes | 2 | ||
4532335MB | Stratégie de l’Apprentissage du FLE | 2 | ||
4532336MB | Planification de la Classe du FLE | 2 | ||
Jumlah | 21 | |||
IV | 4522410MB | Literasi Bahasa Indonesia | 2 | |
4522411MB | Literasi Digital | 2 | ||
4533424MB | Réception Orale IV | 3 | ||
4533425MB | Réception Écrite IV | 3 | ||
4533426MB | Production Orale IV | 3 | ||
4533427MB | Production Écrite IV | 3 | ||
4532437MB | Evaluation de l’Apprentissage du FLE | 2 | ||
4532438MB | Linguistique Française | 2 | ||
| Jumlah | 20 | ||
V | 4544540MB | Français sur Objectifs Spécifiques | 4 | |
4543541MB | Traduction | 3 | ||
4543542MB | Littérature Française | 3 | ||
4543543MB | Lintas Budaya | 3 | ||
4543544MB | Metodologi Penelitian (Pendidikan, Bahasa, Budaya, Sastra) | 3 | ||
4542545MB | Seminar Proposal Penelitian | 2 | ||
4542546MB | Microteaching | 2 | ||
Jumlah | 20 | |||
VI | PKL FOS / PLP / KKN | 20 | ||
| Jumlah | 20 | ||
VII | Asisten Riset / Proyek Independen / Kewirausahaan | 20 | ||
| Jumlah | 20 | ||
VIII | Skripsi | 6 | ||
| Jumlah | 6 | ||
JUMLAH SKS TOTAL | 148 |