Kurikulum MB-KM
Penanggung Jawab : Ketua Program Studi Pend. Sendratasik
Dr. Meyny S.C. Kaunang, M.Pd
Kurikulum berlaku : Tahun 2020
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sendratasik.
Identitas Program Studi
1 | Nama /kode |
|
2 | No. SK Pendirian dan Izin Operasional/ Perpanjangan | 249/DIKTI/KEP/1996, tanggal 11 juli 1996 7890/UN.41/HK/2014, tanggal 30 oktober 2014 |
3 | Akreditasi | B No. SK: 457/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015 |
4 | Gelar | S.Pd. |
5 | Deskripsi | Prodi yang menghasilkan sarjana pendidikan seni yang unggul, kompetitif, dan berjiwa enterprener. |
6 | Visi | Menjadi prodi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang berkarakter, inovatif, dan kompetitif di dunia kerja dalam tahun 2025. |
7 | Misi | 1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana kependidikan seni khususnya seni musik yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan masyarakat yang berbasis budaya lokal. 2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan guru profesional yang unggul di bidang pembelajaran seni yang khususnya seni musik untuk memenuhi kebutuhan guru professional di tingkat sekolah menengah pertama, atas dan yang sederajat serta menumbuhkan jiwa wirausaha bidang seni, khususnya wirausaha bidang seni musik. 3. Menumbuhkan semangat, motivasi, dan partisipasi civitas akademik dalam rangka menghasilkan karya tulis ilmiah serta karya seni yang berkualitas, memiliki daya saing bagi peningkatan mutu akademik serta konservasi dan pengembangan seni tradisional. 4. Menjadi penyedia layanan bagi pengembangan dan revitalisasi seni (tradisi) di era global dengan menyajikan kurikulum kependidikan seni, penelitian-penelitian serta penulisan berbagai karya ilmiah yang berbasis kearifan lokal bercirikan karakter bangsa yang dapat diakses dengan mendayagunakan teknologi modern/IT. 5. Meningkatkan mutu, daya saing lulusan guru profesional bidang seni khususnya seni musik melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif. |
8 | Tujuan | Tujuan Program Studi Pendidikan Sendratasik dirujuk berdasarkan rekomendasi AP2SENI (Asosiasi Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik) untuk menghasilkan sarjana kependidikan, asisten peneliti dan pengelola dalam bidang seni tari, musik dan drama yang memiliki profil kompetensi: 1) religius dan bermoral Pancasila serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi dan berbudi luhur serta berkarakter sesuai dengan karakter budaya bangsa Indonesia, (2) bersikap terbuka, tenggap terhadap perubahan kemajuan IPTEK dan Seni maupun masalah-masalah yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang keahlian pendidikan seni tari,musik,drama (3) mampu menerapkan ilmu sesuai bidang keahlian tari , musik dan drama kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan kreatif dan produktif sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat pendidikan maupun masyarakat umum, (4) menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang kependidikan tari, musik dan drama sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara menyelesaikan masalah dalam ruang lingkup pendidikan seni tari, musik,drama (5) menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dan mampu mengikuti perkembangan IPTEKS sesuai dengan bidang keahliannya, (6) menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi bidang seni tari, musik dan drama secara profesional, berpandangan ke depan dan sadar terhadap perubahan fungsi seni pertunjukan dalam masyarakat
|
Profil Lulusan PS S1 Pend. Sendratasik
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global
- Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global. Menguasai prinsip, konsep,prosedur secara teoritis terhadap seni pertunjukan secara mandiri dan komprehensif dan memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi dalam berbagai kancah secara kritis sesuai standar artistik berdasarkan norma agama dan etika profesi dengan memanfaatkan perkembangan pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan
- Menguasai keterampilan menerapkan konsep,teknik, prosedur dalam penyajian seni pertunjukan secara mandiri dan komprehensif, memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi dalam berbagai bentuk penyajian secara kritis sesuai standar artistik berdasarkan norma agama dan etika profesi dengan memanfaatkan perkembangan pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- menguasai konsep dan prosedur kependidikan seni jenjang SMP dan SMA dalam bidang secara mandiri sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif berdasarkan norma agama, etika profesi dan konvensi bidang seni.
- Menguasai kajian teori, metode problematika sosial, dan mampu menuangkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan kaidah-kaidah, publikasi secara Nasional maupun internasional
- Menguasai konsep, prinsip entreprener seni pertunjukan tari, musik dan drama secara mandiri serta mampu menerapkan penyajian seni pertunjukan secara profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi yang bertanggung jawab sesuaidengannorma agama, social dan nilai-nilai etika dan estetika.
Struktur kurikulum (distribusi tiap kelompok MK) :
No. | KELOMPOK MATA KULIAH | JUMLAH SKS |
I | MATA KULIAH WAJIB UMUM (MKWU) | 8 |
II | MATA KULIAH LANDASAN KEAHLIAN (MKLK) | 15 |
III | MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) | 60 |
IV | MATA KULIAH MERDEKA BELAJAR (MKMB) | 60 |
| JUMLAH SKS | 148 |
Rencana kuota mahasiswa : 90 Mahasiswa
Kerjasama/Kemitraan : Asosiasi Prodi
Distribusi/daftar Mata Kuliah :
NO | MATA KULIAH | KODE MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
| |||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
| ||||||||||||
MATA KULIAH WAJIB UMUM (MKWU) | ||||||||||||||||||||
1 | 1 | Pendidikan Pancasila | 4711201MB | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
2 | 2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 4712202MB | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
3 | 3 | Pendidikan Agama | 4711203MB | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
4 | 4 | Bahasa Indonesia | 4711204MB | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
TOTAL SKS KELOMPOK MATA KULIAH | 8 | |||||||||||||||||||
MATA KULIAH LANDASAN KEAHLIAN (MKLK) | ||||||||||||||||||||
5 | 1 | Pengantar Pendidikan | 4721201MB | 2 | 3 |
| ||||||||||||||
6 | 2 | Pengembangan Kurikulum | 4721203MB | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
7 | 3 | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 4721204MB | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
8 | 4 | Filsafat Bahasa dan Seni | 4721205MB | 2 | 2 |
|
| |||||||||||||
9 | 5 | Bahasa Inggris (Musik) | 4714206MB | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
10 | 6 | Pembelajaran Digital |
| 2 |
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| |||||||
11 | 7 | Literasi Bahasa Indonesia |
| 2 |
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| |||||||
TOTAL SKS KELOMPOK MATA KULIAH | 15 | |||||||||||||||||||
MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) | ||||||||||||||||||||
12 | 1 | Strategi dan Evaluasi Belajar Mengajar | 4736201 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
13 | 2 | Micro Teaching | 4736302 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
14 | 3 | Antropologi Musik | 4735203 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
15 | 4 | Psikologi Musik | 4731204 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
16 | 5 | Teori Musik I (Dasar) | 4731205 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
17 | 6 | Teori Musik II (Lanjut) | 4732306 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
18 | 7 | Akustik Organologi | 4731207 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
19 | 8 | Sejarah Musik | 4731308 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
20 | 9 | Piano I (Dasar) | 4732209 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
21 | 10 | Piano II (Lanjut) | 4733210 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
22 | 11 | Vokal I (Dasar) | 4732211 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
23 | 12 | Vokal II (Lanjut) | 4733212 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
24 | 13 | Paduan Suara I (Dasar) | 4732213 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
25 | 14 | Paduan Suara II (Lanjut) | 4733214 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
26 | 15 | Alat Gesek I (Dasar) | 4733216 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
27 | 16 | Alat Gesek II (Lanjut) | 4722216 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
28 | 17 | Gitar I (Dasar) | 4732217 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
29 | 18 | Gitar II Lanjut) | 4733218 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
30 | 19 | Solfeggio (Dasar) | 4731219 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
31 | 20 | Solfeggio II (Lanjut) | 4732220 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
32 | 21 | Alat tiup | 4735221 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
33 | 22 | Harmoni I (Dasar) | 4733322 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
34 | 23 | Harmoni II (Lanjut) | 4734323 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
35 | 24 | Conducting | 4735324 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
36 | 25 | Gitar Pengiring | 4734225 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
37 | 26 | Piano Pengiring | 4735226 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
38 | 27 | Ansambel I (Dasar) | 4733227 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
39 | 28 | Ansambel II (Lanjut) | 4734228 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
40 | 29 | Wawasan Seni | 4731229 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
41 | 30 | Apresiasi dan Kritik Seni | 4736230 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
42 | 31 | Estetika Seni | 4733231 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
43 | 32 | Seni Tari Dasar | 4734332 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
44 | 33 | Seni Rupa Dasar | 4733333 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
45 | 34 | Manajemen dan Pergelaran Seni | 4736434 | 4 | 4 |
| ||||||||||||||
46 | 35 | Komposisi/ Analisis Musik I (Dasar) | 4735335 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
47 | 36 | Komposisi/ Analisis Musik II (Lanjut) | 4736336 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
48 | 37 | Orkestrasi I (Dasar) | 4733237 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
49 | 38 | Orkestrasi II (Lanjut) | 4734238 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
50 | 39 | Aplikasi Komputer dan Musik Digital | 4735239 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
51 | 40 | Musik Daerah Setempat I | 4735240 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
52 | 41 | Musik Daerah Setempat II | 4736241 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
53 | 42 | Band | 4736242 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
54 | 43 | Metodologi Penelitian | 4736243 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
55 | 44 | Seminar | 4737344 | 3 | 3 |
| ||||||||||||||
56 | 45 | KKN | 4737445 | 4 | 4 |
| ||||||||||||||
57 | 46 | PLP (Program Lapangan Persekolahan) | 4737446 | 4 | 4 |
| ||||||||||||||
58 | 47 | Skripsi | 4738647 | 6 | 6 |
| ||||||||||||||
TOTAL SKS KELOMPOK MATA KULIAH | 116 | |||||||||||||||||||
MATA KULIAH PILIHAN (MKP) | ||||||||||||||||||||
61 | 1 | MKP I Piano | 4744201 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
MKP I Vokal |
| |||||||||||||||||||
MKP I Paduan Suara |
| |||||||||||||||||||
MKP I Alat Gesek |
| |||||||||||||||||||
MKP I Gitar |
| |||||||||||||||||||
62 | 2 | MKP II Piano | 4745202 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
MKP II Vokal |
| |||||||||||||||||||
MKP II Paduan Suara |
| |||||||||||||||||||
MKP II Alat Gesek |
| |||||||||||||||||||
MKP II Gitar |
| |||||||||||||||||||
63 | 3 | MKP III Piano | 4746203 | 2 | 2 |
| ||||||||||||||
MKP III Vokal |
| |||||||||||||||||||
MKP III Paduan Suara |
| |||||||||||||||||||
MKP III Alat Gesek |
| |||||||||||||||||||
MKP III Gitar |
| |||||||||||||||||||
TOTAL SKS KELOMPOK MATA KULIAH | 6 | |||||||||||||||||||
TOTAL SKS |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||||||
REKAPITULASI MATA KULIAH PER SEMESTER |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||||||
NO | SEMESTER I | SEMESTER II | SEMESTER III | SEMESTER IV | |||||||
MATA KULIAH | SKS | MATA KULIAH | SKS | MATA KULIAH | SKS | MATA KULIAH | SKS | ||||
1 | Paduan Suara | 2 | Filsafat Bahasa dan Seni | 2 | Alat tiup | 2 | Orkestrasi | 2 | |||
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | Manajemen Pembelajaran Bahasa dan Seni | 2 | Psikologi Pendidkan Musik | 2 | MKP II | 2 | |||
3 | Bahasa Indonesia | 2 | Pengembangan Kurikulum | 2 | Bahasa Inggris (Musik) | 2 | Ansambel II (Lanjut) | 2 | |||
4 | Pendidikan Agama | 2 | Alat Gesek | 2 | MKP I | 2 | Akustik Organologi | 2 | |||
5 | Pendidikan Pancasila | 2 | Solfeggio II (Lanjut) | 2 | Estetika Seni | 2 | Micro Teaching | 3 | |||
6 | Wawasan Seni | 2 | Gitar | 2 | Ansambel I (Dasar) | 2 | Seni Tari Dasar | 2 | |||
7 | Solfeggio I (Dasar) | 2 | Piano | 2 | Pembelajaran Digital | 2 | Harmoni II (Lanjut) | 3 | |||
8 | Vokal | 2 | Literasi Bahasa Indonesia | 2 | Seni Rupa Dasar | 3 | Kewirausahaan Seni | 3 | |||
9 | Sejarah Musik | 2 | Pengantar Pendidikan | 3 | Harmoni I (Dasar) | 3 |
|
| |||
10 | Teori Musik I (Dasar) | 3 | Teori Musik II (Lanjut) | 3 |
|
|
|
| |||
|
| 21 |
| 22 |
| 20 |
| 19 | |||
NO | SEMESTER V | SEMESTER VI | SEMESTER VII | SEMESTER VIII | ||||||
MATA KULIAH | SKS | MATA KULIAH | SKS | MATA KULIAH | SKS | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Metodologi Penelitian | 2 | KKN/PLP/Proyek kemanusiaan | 20 | Asistensi riset/ Proyek independen | 20 | Skripsi | 6 | ||
2 | Band | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
3 | Apresiasi dan Kritik Seni | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
4 | Musik Daerah Setempat | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
5 | Aplikasi Komputer dan Musik Digital | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
6 | Piano Pengiring | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
7 | Antropologi Musik | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
8 | Gitar Pengiring | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
9 | Komposisi/ Analisis Musik | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
10 | Direksi paduan suara | 2 |
|
|
|
|
|
| ||
|
| 20 |
| 20 |
| 20 |
| 6 | ||